Netflix mengumumkan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan Microsoft untuk menghadirkan opsi langganan murah yang disertai iklan. Kerja sama ini diumumkan kedua pihak melalui blog resmi mereka.

Menurut Netflix, Microsoft dapat memenuhi kebutuhan periklanan mereka untuk membangun opsi langganan baru yang lebih murah tetapi disertai iklan.

Selain itu menurut COO Netflix, Greg Peters, Microsoft juga dapat menawarkan inovasi dan perlindungan privasi yang kuat bagi pelanggan.

“Microsoft memiliki kemampuan yang terbukti dapat mendukung semua kebutuhan kami saat ini, (dengan) bersama-sama membangun penawaran baru yang didukung (oleh) iklan,” ujar Greg.

Microsoft juga menyambut baik kolaborasi tersebut dan akan membantu Netflix memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan.

“Kamu senang menawarkan nilai baru ke ekosistem pemasar dan mitra kami, sambil membantu Netflix memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka,” jelas Presiden Web Experiences Microsoft, Mikhail Pakhin, dikutip KompasTekno dari blog resmi Microsoft, Jumat (15/7/2022).

Meski demikian, Microsoft tidak akan ikut campur dalam pengelolaan tayangan atau konten yang ada di Netflix. Hanya saja, iklan-iklan yang nantinya akan ditayangkan di paket “murah” Netflix, akan tersedia secara eksklusif melalui platform Microsoft.

Dengan demikian, para pengiklan yang ingin menampilkan iklannya di tayangan Netflix, harus menggunakan platform Microsoft.

Rencana Netflix menghadirkan opsi langganan paket murah ini sebelumnya sudah diumumkan langsung oleh Co-CEO Netflix, Ted Sarandos, beberapa waktu lalu.

Meskipun sudah resmi menunjuk Microsoft sebagai mitra baru, Netflix masih belum menginformasikan lebih lanjut kapan tanggal pasti dari paket langganan murah yang disertai iklan akan hadir di Netflix.

Pertumbuhan pelanggan yang melambat

Opsi langganan murah yang disertai iklan ini muncul setelah pertumbuhan jumlah pelanggan yang kian melambat pada kuartal-I 2022 ini. Perusahaan bahkan kehilangan 200.000 pelanggannya di dunia pada periode tersebut.

Baca Juga  Saya Dapat Mengakses Situs Game Origin, Tetapi Epic Games Masih Diblokir Oleh Kominfo

Kerugian tersebut menjadi rekor tertinggi bagi perusahaan selama lebih dari satu dekade ini. Meski peluncuran series baru dari “Stranger Things” sempat menaikkan jumlah penonton, nampaknya hal tersebut tidak terlalu berdampak pada pertumbuhan perusahaan.

Adapun keputusan dari peluncuran opsi langganan baru ini, yang lebih murah dan disertai iklan, akan menjadi hal yang baru bagi perusahaan.

“Salah satu cara untuk meningkatkan adalah dengan paket menengah bawah dan memberikan paket harga yang lebih rendah menggunakan iklan,” jelas Co-Chief Excecutive Officer Reed Hastings, dikutip dari Tech Crunch.

Harga langganan Netflix dengan iklan

Sampai saat ini, Netflix masih belum membeberkan informasi soal harga paket langganan yang menggunakan iklan ini. Termasuk jumlah durasi dari iklan yang nantinya ditampilkan.

Menurut prediksi, harga langganan paket murah Netflix bakal dipatok tidak jauh berbeda dengan paket langganan Apple TV+ yang senilai 4.99 dollar AS atau sekitar 73.888.

Opsi langganan seperti ini sudah mulai dianggap umum untuk aplikasi streaming film. Pasalnya, selain Netflix ada platform streaming lainnya yang juga melakukan strategi pemasaran serupa, yakni HBO Max, Hulu (Disney), dan Peacock (NBC).

Disney Plus juga dikabarkan telah menghadirkan paket berlangganan yang murah dan disertai dengan iklan pda akhir 2022 mendatang.