Pernah dengar “Keraton Yogyakarta”? Pasti dong! Keraton Yogyakarta merupakan salah satu ikon wisata sejarah yang terkenal di Indonesia. Tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di dunia lho. Keraton Yogyakarta merupakan simbol dari kebesaran dan kejayaan Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat yang telah berdiri sejak abad ke-18. Nggak heran jika Keraton Yogyakarta selalu menjadi tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Keraton Yogyakarta terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta. Keraton Yogyakarta terdiri dari dua bagian utama, yaitu Keraton Utara dan Keraton Selatan. Bagian Utara digunakan sebagai tempat tinggal dari Sultan, sementara bagian Selatan digunakan sebagai tempat berkumpulnya para pengawal dan prajurit Keraton.

Tidak hanya itu, di dalam Keraton Yogyakarta juga terdapat berbagai macam bangunan bersejarah yang menarik untuk dijelajahi, seperti Museum Keraton Yogyakarta, Bangsal Kencana, dan Bangsal Kencono. Di dalam Museum Keraton Yogyakarta, pengunjung bisa melihat berbagai macam koleksi yang terdiri dari benda-benda pusaka, senjata tradisional, dan perhiasan-perhiasan kerajaan. Sedangkan di Bangsal Kencana, pengunjung bisa melihat langsung tempat di mana Sultan Yogyakarta mengadakan upacara adat, seperti upacara pernikahan dan upacara adat lainnya.

Namun, untuk bisa masuk ke dalam Keraton Yogyakarta, pengunjung diwajibkan untuk mengenakan pakaian tradisional Jawa. Tidak perlu khawatir, karena pakaian tradisional Jawa tersebut bisa disewa di lokasi. Selain itu, pengunjung juga diharuskan untuk melepas alas kaki dan menunjukkan rasa hormat kepada Sultan dan keluarganya.

Tak hanya wisata sejarah, di Yogyakarta juga terdapat wisata alam yang sangat menarik, yaitu Goa Jomblang. Goa Jomblang merupakan goa alam yang terletak di daerah Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Goa Jomblang memiliki keunikannya sendiri karena terdapat lubang di atap goa yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam goa dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal tersebut membuat suasana di dalam goa menjadi sangat terang dan indah.

Baca Juga  Nightlife Extravaganza: Yogyakarta's Hip and Happening Scene

Untuk bisa menikmati keindahan Goa Jomblang, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 30 menit dengan kendaraan dari kota Yogyakarta. Setelah sampai di lokasi, pengunjung akan disambut oleh para pemandu yang sudah terlatih dan siap membantu pengunjung selama perjalanan di dalam goa. Selain itu, pengunjung juga diwajibkan menggunakan alat keselamatan yang sudah disediakan, seperti helm, tali pengaman, dan sepatu khusus.

Bagi yang ingin mengunjungi Goa Jomblang, jangan khawatir karena sudah banyak penyedia tour yang menawarkan paket wisata Goa Jomblang. Salah satunya adalah goajomblang.com. Goajomblang.com merupakan penyedia tour yang terpercaya dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam melayani wisatawan yang ingin mengunjungi Goa Jomblang. Dengan menggunakan jasa goajomblang.com, pengunjung bisa merasa lebih tenang dan nyaman selama perjalanan ke Goa Jomblang.

Yuk, jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta dan Goa Jomblang! Kedua tempat ini memang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa untuk menggunakan jasa goajomblang.com sebagai penyedia tour terpercaya untuk perjalanan ke Goa Jomblang. Selamat berlibur!