Selamat datang di artikel yang akan membahas cara mengetahui sepatu New Balance (NB) original. Sepatu New Balance adalah salah satu brand yang sangat populer dan banyak diminati oleh para pecinta sneakers di seluruh dunia. Sayangnya, popularitas ini juga membuat sepatu NB sering dipalsukan. Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui kumpulan tutorial membedakan sepatu NB original dari yang palsu agar tidak tertipu saat membeli. Yuk, kita simak bersama-sama!

Perhatikan Kualitas Bahan

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah sepatu NB yang kalian beli adalah original atau tidak adalah dengan memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Sepatu NB original biasanya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti suede, mesh, dan kulit asli. Coba raba dan rasakan tekstur bahan tersebut. Sepatu palsu sering kali menggunakan bahan yang lebih murah dan terasa kurang nyaman. Bahan suede pada sepatu NB asli akan terasa lembut dan halus, sementara pada sepatu palsu, bahan suede akan terasa kasar dan kaku.

Cek Jahitan Sepatu

Jahitan pada sepatu NB original biasanya sangat rapi dan kuat. Setiap detail jahitan diperhatikan dengan seksama untuk memastikan sepatu tersebut tahan lama dan nyaman digunakan. Sebaliknya, sepatu palsu sering kali memiliki jahitan yang tidak rapi, benang yang terurai, dan tampak kurang solid. Periksa bagian-bagian kritis seperti ujung sepatu, area di sekitar sol, dan bagian tumit untuk memastikan jahitannya rapi dan tidak ada benang yang terlepas.

Baca Juga  Pribka RR Breaking Partnership Skenario: Verdi Sambo, Advokat Dekan C: Ricky Rizal Anak Baik

Perhatikan Sol Sepatu

Sol sepatu NB original biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan memiliki tekstur yang baik. Sol pada sepatu original biasanya lebih fleksibel dan tahan lama. Perhatikan juga logo NB pada sol sepatu. Pada sepatu original, logo akan tercetak dengan jelas dan rapi. Sementara pada sepatu palsu, logo bisa tampak buram, tidak simetris, atau bahkan tidak ada sama sekali. Jangan ragu untuk membandingkan sol sepatu yang kalian beli dengan gambar sol sepatu NB asli yang bisa ditemukan di situs resmi New Balance.

Periksa Logo dan Label

Salah satu cara paling efektif untuk mengetahui keaslian sepatu NB adalah dengan memeriksa logo dan label pada sepatu. Sepatu NB original memiliki logo yang tercetak dengan jelas dan rapi pada bagian lidah sepatu, tumit, dan sisi samping. Logo “N” pada sisi samping sepatu biasanya terbuat dari bahan reflektif yang akan memantulkan cahaya. Selain itu, label pada bagian dalam sepatu juga harus diperiksa. Label pada sepatu original akan mencantumkan informasi seperti ukuran, kode produk, dan negara pembuatan dengan font yang jelas dan tidak mudah luntur.

Kode Produk dan Nomor Seri

Setiap sepatu NB original memiliki kode produk dan nomor seri yang unik. Kode produk biasanya terdiri dari kombinasi huruf dan angka yang mencerminkan model dan ukuran sepatu. Kalian bisa mencari kode produk tersebut di situs resmi New Balance atau di mesin pencari untuk memastikan bahwa sepatu yang kalian beli adalah original. Jika kode produk tidak ditemukan atau tidak sesuai dengan model sepatu, besar kemungkinan sepatu tersebut adalah palsu.

Kemasan dan Kotak Sepatu

Sepatu NB original selalu dilengkapi dengan kemasan dan kotak yang berkualitas tinggi. Kotak sepatu biasanya memiliki logo New Balance yang tercetak dengan jelas dan rapi. Periksa juga label yang ada di kotak sepatu. Label tersebut harus mencantumkan informasi yang sama dengan yang ada di label dalam sepatu, seperti ukuran, kode produk, dan negara pembuatan. Jika kotak sepatu terlihat murahan atau informasi pada label tidak sesuai, kalian patut curiga bahwa sepatu tersebut palsu.

Baca Juga  Teknologi Terkini dalam Sistem Navigasi Toyota 4Runner 2025

Harga yang Terlalu Murah

Harga bisa menjadi indikator penting dalam menentukan keaslian sepatu NB. Jika kalian menemukan sepatu NB dengan harga yang terlalu murah dibandingkan harga pasaran, besar kemungkinan sepatu tersebut palsu. Sepatu NB original memiliki harga yang cukup tinggi karena menggunakan bahan berkualitas dan melalui proses produksi yang ketat. Selalu bandingkan harga dengan situs resmi New Balance atau toko-toko terpercaya untuk memastikan kalian mendapatkan harga yang wajar.

Beli dari Toko Terpercaya

Salah satu cara terbaik untuk memastikan kalian mendapatkan sepatu NB original adalah dengan membeli dari toko resmi atau retailer terpercaya. Toko-toko ini biasanya memiliki sertifikat keaslian dan jaminan kualitas produk. Hindari membeli sepatu dari penjual yang tidak dikenal atau dari situs-situs e-commerce yang tidak terpercaya. Jika kalian membeli secara online, pastikan toko tersebut memiliki ulasan positif dari pembeli sebelumnya dan menyediakan kebijakan pengembalian barang yang jelas.

Perhatikan Detail Desain

Detail desain pada sepatu NB original biasanya sangat presisi dan rapi. Setiap bagian sepatu, mulai dari jahitan, logo, hingga pola pada sol, dirancang dengan sangat teliti. Jika kalian menemukan detail yang terlihat aneh atau berbeda dari gambar produk asli, kemungkinan besar sepatu tersebut palsu. Bandingkan sepatu yang kalian beli dengan gambar produk di situs resmi New Balance untuk memastikan tidak ada perbedaan signifikan pada desainnya.

Periksa Bau Sepatu

Sepatu NB original biasanya memiliki bau khas dari bahan berkualitas tinggi yang digunakan. Sebaliknya, sepatu palsu sering kali memiliki bau yang tidak sedap karena menggunakan bahan yang lebih murah dan berbahaya. Jika kalian mencium bau yang tidak biasa atau menyengat dari sepatu yang kalian beli, hal ini bisa menjadi tanda bahwa sepatu tersebut palsu. Bau sepatu bisa menjadi indikator yang cukup akurat dalam menentukan keaslian sepatu.

Baca Juga  31 Emoji Baru Yang Bakal Dirilis Pada September 2022 Serta Artinya

Bantuan dari Komunitas Sneaker

Bergabung dengan komunitas sneaker bisa sangat membantu dalam menentukan keaslian sepatu NB. Banyak anggota komunitas yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas tentang cara membedakan sepatu asli dan palsu. Kalian bisa meminta pendapat atau saran dari mereka dengan mengunggah foto sepatu yang kalian beli. Komunitas ini biasanya sangat aktif di media sosial dan forum-forum sneaker, sehingga kalian bisa mendapatkan jawaban dengan cepat.

Gunakan Aplikasi Cek Keaslian

Saat ini, sudah banyak aplikasi smartphone yang bisa digunakan untuk memeriksa keaslian sepatu. Aplikasi ini biasanya bekerja dengan cara memindai barcode atau QR code yang terdapat pada sepatu dan kotaknya. Setelah dipindai, aplikasi akan memberikan informasi tentang keaslian sepatu tersebut. Beberapa aplikasi juga dilengkapi dengan database produk asli dari berbagai merek, termasuk New Balance, sehingga kalian bisa dengan mudah memverifikasi sepatu yang kalian beli.