Router adalah salah satu perangkat penting yang memungkinkan Anda menghubungkan banyak perangkat elektronik ke koneksi Internet Anda.

Tanpa router, pengguna tidak dapat mengakses Internet dan menikmati berbagai konten atau layanan.

Jadi, apa itu router? Bagaimana cara kerjanya dan apa bedanya dengan modem yang merupakan perangkat yang juga terkoneksi dengan internet?

identifikasi router

Router adalah perangkat jaringan (network device) yang bekerja dengan cara menghubungkan berbagai perangkat seperti smartphone, laptop, dan tablet ke layanan Internet.

Jika Anda bayangkan, router akan menjadi “jembatan” yang merutekan internet ke berbagai perangkat yang terhubung dengannya.

Selain menghubungkan berbagai perangkat, router bertindak sebagai perangkat yang dapat mengatur jenis data yang dikirim (diunggah) atau diterima (didownload) dan menyediakan berbagai informasi pendukung seperti jenis dan ukuran data.

Data ini dikelola oleh router dan dikirim ke perangkat yang membutuhkannya.

Bagaimana cara kerja router?

/bell clinton tp-link archer AX50 (Kerry) dn ax10 router wifi.

Router bisa diibaratkan sebagai Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA). Misi PPKA adalah mengatur pergerakan kereta api agar berjalan lancar sesuai jadwal dan tujuan, tanpa hambatan atau kecelakaan.

Nah, router juga bekerja dengan cara ini. Perangkat mengelola dan mengirimkan paket data “aman” ke perangkat target di Internet, baik yang diunduh maupun yang diunggah.

Saat PPKA mempersiapkan kereta untuk sampai di stasiun tujuan, router mengirimkan data dari Internet ke perangkat tujuan melalui alamat IP atau alamat IP perangkat, sehingga tidak mengirimkan pesan yang salah.

Alamat IP biasanya ditentukan oleh router saat pertama kali perangkat terhubung ke router.

jenis router

Meskipun mereka melakukan fungsi utama menghubungkan perangkat ke Internet, pada kenyataannya router terdiri dari beberapa jenis, dengan fungsi yang berbeda tergantung pada ukuran pengguna.

Baca Juga  Ingin Menjadi Seperti Atta Lightning? Cara Menghasilkan Uang Di YouTube

Di bawah ini adalah jenis router yang tersedia saat ini yang dapat dikatakan populer di kalangan pengguna.

Perbedaan Antara Router dan Modem

Diagram kawat hidup modem dan router.

Router terhubung ke perangkat lain yang terhubung ke Internet, yang merupakan demodulator, biasanya disebut sebagai modem.

Seperti halnya router, modem adalah perangkat yang dapat menghubungkan perangkat Anda ke Internet melalui saluran telepon, kabel koaksial, atau jenis kabel lainnya.

Salah satu perbedaan antara router dan modem adalah konektor (port) Ethernet pada masing-masing perangkat. Seluruh perbedaannya adalah:

Baca Juga: